Sunday, March 23, 2014

Motherhood

Assalamualaikum Beautiful, 

Ingin sharing soal mendidik ana.. which I still learning and learning and I guess this is a process for parents that will never stop ya.. Jomblo, menikah, dan kemudian punya anak.. Suddenly tanggung jawab kita makin banyak dan makin besar ya di dunia ini.. Hidup adalah proses, apalagi untuk bisa hidup yang lebih baik.. Merupakan proses panjang yang mungkin tiada henti.. ya namanya manusia, sukar merasa puas.. Alangkah bagus apabila perumpamaan ini dikaitkan dengan ilmu agama ya.. That we never seems enough kalo urusan ilmu..Begitu pun ilmu mendidik anak..

I realize that every parents in this world punya cara sendiri sendiri dalam mendidik anak.. tujuannya ya sudah pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang baik.. sekarang, dan seterusnya.. Ilmu parenting itu kayanya ilmu yang tidak pasti ya.. gak seperti matematika yang 1+1=2.. banyak hal yang bisa jadi diluar nalar atau logika but we have to deal with it.. 

Kalo saya pribadi, dan mudah2an sejalan dengan suami (lah koq mudah2an yak.. hahaha), dalam membesarkan anak pondasinya harus kuat.. diibaratkan sebuah gedung, ya sebelum membuat gedung yang tinggi dan bagus.. pastikan pondasinya harus kuat.. pondasi dalam mendidik anak versi saya adalah agama.. Agama yang harus diperkenalkan sejak dini, diakrabkan as soon as they understand, dan makin didekatkan seiring waktu.. gak tau sih saya benar atau salah, tapi mudah2an benar.. Memperkenalkan agama sedini mungkin dimulai dari sejak anak dikandungan, saya sudah mengakrabkan telinganya dengan shalawat nabi.. jadi ketika ia lahir (contohnya Kenza), tiap kali ia rewel menangis.. lalu disenandungkan shalawat, ia akan lebih tenang dan tidak menangis lagi.. kemudian saya biasakan dari bayi sampai sekarang, selalu membacakan rangkaian doa ketika Kenza sedang menyusu atau mau tidur.. rangkaian doanya mulai dari Al-Fateha, surat-surat pendek, ayat kursi, doa sebelum tidur, doa untuk orang tua dan doa sapu jagad. Dari yg awalnya Kenza hanya mendengarkan sampai akhirnya sekarang ketika sudah bermur 1,5 tahun, dia bisa ikut berdoa sambil mengangkat kedua tangannya lalu mengucap, "Aamiin...." setelah kalimat "wa laddholiinn.." lalu mengusap wajahnya.. Seneng bangettt pas pertama kali Kenza nyaut Aamiin.. subhanallah.. alhamdulillah.. ketika itu memang kami baru pulang umroh dan mungkin terekam di otak Kenza kalo abis waladdholin adalah Aamiin.. krn waktu umroh ia selalu ikut ke masjid untuk sholat berjamaah..

Setelah faseh bilang aamiin, sekarang sudah mulai ikutan sholat sama Apap dan Amamnya.. lucu bgt kalo lihat dia sholat.. mulutnya komat kamit manyun manyun ceritanya lagi berdoa.. trus mencoba ruku dan sujud.. walaupun pas belajar sujud beberapa kali kejeduk lantai dan akhirnya nangis.. hehehe.. tapi ya gapapa, namanya juga belajar kan.. Saya dan suami juga sadar kalo anak kecil sebesar Kenza itu sudah mulai mempelajari apa yang ada disekitarnya.. dia amati lalu tiru dan langsung praktekan.. makanya kami hati hati sekali menjaga sikap kami didepan Kenza.. Mudah-mudahan bisa selalu menjaga dan memberi contoh serta tauladan yang baik untuk Kenza dan adiknya.. Aamiin.. 

Perkembangan Kenza (1,5 tahun) alhamdulillah sangat baik.. apalagi dari segi motorik ya.. untuk kemampuan berbicara, alhamdulillah sudah bisa bilang Amam, Apap, ini, nih dia (tiap kali dia menemukan sesuatu), gajah, hmm apalagi ya.. ya emang belum banyak sih.. tapi yang pasti udah makin pinter menunjukan kesukaan ataupun ketidaksukaan.. kalo makan juga udah mulai milih mau makan apa.. udah ngerti mainan kesayangan juga.. mudah2an makin sholeh, pinter, sehat dan........ semua yang baik baik.. and my pregnancy? alhamdulillah sudah 23 weeks now.. yang diraasa sudah macem macem juga.. tidur udah mulai kurang nyenyak krn makin eungap, jalan juga udah gk bisa lama lama, intensitas laper makin tinggi, dsb dsb.. yang pasti si dedek aktif bgt diperut krn perut saya selalu berdisko, seperti sekarang ini.. hehe.. Sehar terus ya anak amam sayang.. Amam, Apap dan Kakak Kenza gak sabar menanti kehadiran kamu dirumah.. 



What I wear:
Hanna Jacket (white) - Such! by Suci Utami
Coryna Dress (fuchsia) - Such! by Suci Utami
Plain Scarf ceruti (black) - Such! by Suci Uttami
Inner Ninja (black) - Such! by Suci Utami

4 comments:

nunu said...

Sehat sampai lahir ya mom

kacamatamia said...

Setujiu Amam, I thought so too.pinter bgt deh kenza ikut solat bareng amam n apapnya :)

galuh f galura said...

Subhanalloh teteh..
jadi merinding..
pleeuuus jadi kabita ;D

sehat-sehat yaa teteh.. ;*

Asriani Basir said...

Seneng bgt bc ini teteh , skrg sy lg hmil ank pertama jd nambh ilmu buat sy

Sehat terus yh teh